Welcome to My Blog

Wednesday, November 21, 2018

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belajar Android dengan Android Studio

Assalamu'alaikum...
Selamat membaca postingan ini, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.


Kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum kita belajar Android dengan Android Studio lebih jauh. Jadi, bagi kalian yang belum pernah menggunakan Android Studio, atau bahkan baru pertama kalinya menginstal dan membuat projek menggunakan Android Studio, silahkan perhatikan hal-hal berikut ini:



  • Pelajari Spesifikasi Komputer/Laptop Anda
    Kenapa saya bilang pelajari Spesifikasi laptop kalian, karena pastinya semakin bagus dan canggih spesifikasi laptop kalian, maka akan semakin cepat pula kinerja untuk menjalankan aplikasi Android anda dengan Android Studio.

    Android Studio sendiri memberikan standar kebutuhan sistemnya seperti berikut (lihat selengkapnya di sini):

    Android Studio sendiri merekomendasikan RAM komputer anda ke 8GB, hal ini tentunya akan ada proses atau memory yang besar digunakan saat menggunakan Android Studio. Karena inilah menurut saya aplikasi Android Studio ini cukup berat.

    Bukan hanya RAM saja yang menurut saya sangat berpengaruh untuk Android Studio, tetapi processor juga sangat penting,. karena semakin tinggi spek prosessor kita, maka semakin cepat prosesnya. Kalau versi saya, minimal gunakan processor versi atau setara corei3, dan akan sangat bagus jika bisa lebih dari itu. Karna di Android Studio bakalan selalu compile, compile dan compile. Semakin banyak meng-compile akan semakin lemot komputer Anda.

    Jenis hardisk anda juga akan berpengaruh. Jika anda menggunakan SSD tentunya kinerja akan semakin cepat. Sudah tau SSD itu apa kan? kalau belum tau, silahkan searching di mbah google saja ya agan-agan, hehehe...

    jadi, rekomendasi saya kalau mau aman :
    • Spesifikasi Cukup

      RAM 4GB ,
      Core i3
      spek segini sudah cukup lah. Asalkan hanya membuka Android Studio saja(tidak membuka aplikasi lain seperti Chrome, Firefox, apalagi photoshop, corel, dan lainnya).
    • Spesifikasi Menengah

      RAM 8GB, 
      Core i3/i5

      Spek segini menurut saya sudah sangat ideal untuk menggunakan Aplikasi Android.
      Terbilang cukup cepat. Membuka bebarengan dengan browser sudah lumayan nyaman.
    • Spesifikasi Tinggi

      RAM 8GB/Lebih,  Core i5/i7, SSD 128/512 GB
      Wah kalau sudah segini speknya pastinya mantab sekali. jangan kan buat Android Studio, untuk gaming pun sangat recomended sekali.
  • Download dan Install Android Studio
    Kalau sudah tau spesifikasi di laptop kalian, nah tentunya sekarang kalian harus mendownload dan meng-install android studionya. Tidak ribet dan tidak berbayar, gratis kok, yang penting sedia internet yang lancar saja.

    Bisa di download di website-nya langsung, ini dia link downloadnya. Size nya sekitar 900MB-an lebih untuk pengguna windows, Linux, atau pun Mac.
  • Download dan Update Android SDK
    Sudah download Android Studio nya? jangan berhenti disini lho ya. Masih ada Android SDK nih. Sudah tau Android SDK? Jujur saja saya sendiri pertama belajar android tidak mengerti apa itu Android SDK, gimana cara kerjanya, terus apa hubungannya dengan Android Studio itu sendiri, jadi harus harus pelajari juga tentang Android SDK nya ya. Yuk kita bahas sedikit.

    Apa itu Android SDK?

    Android SDK merupakan bagian penting dari Android Studio. Kenapa saya bilang penting, karena Android SDK itu merupakan Tool Utama atau Alat utama untuk membangun atau membuat aplikasi android. Cara kasarannya, Android Studio itu GUI atau alat untuk membuat aplikasinya, lah Android SDK ini bahan bakar nya dari Android Studio.jadi, tanpa Android SDK ini tidak akan bisa bikin aplikasi android.
    Android SDK juga dapat dijalankan sendiri menggunakan command-prompt atau terminal. Jadi, jika kalian sudah mahir dan terbiasa menggunakan command-prompt atau terminal, pasti bisa membuat aplikasi android melalui itu jika sudah memiliki Android SDK. Selain itu juga dapat digunakan di IDE lain selain Android Studio, seperti eclipse.


  • Belajar Bahasa Pemrograman JAVA atau Kotlin
    Tentunya untuk membuat aplikasi android, kalian harus belajar dulu bagaimana pemrograman JAVA, jangan salah fokus yaa, JAVA, bukan JAV lhoo yaaa...

    Bagi yang belum pernah sama sekali belajar pemrograman JAVA, jangan berkecil hati, kalian bisa belajar sendiri kok. Sekarang sudah banyak sekali yang menyediakan pembelajaran online, apalagi untuk belajar pemrograman. Kalian bisa dari Udemy, Tutorialspoint, atau mungkin bisa belajar dari forum-forum seperti quora, stackoverflow, atau lainnya. Yang paling gampang tinggal cari tutorialnya dari youtube atau mbah google saja.

    Kalo menurut saya sendiri, yang paling penting dari belajar pemrograman ialah belajar dulu logika dasar pemrograman, baru belajar pemrograman JAVA. Jadi, kalian harus belajar apa itu conditions, looping, assignment, dan lain-lainnya itu. Apalagi nantinya di dalam programming akan ada kasus-kasus yang menggunakan perhitungan matematika, Fisika, atau pun yang berhubungan dengan sains tergantung jenis aplikasi apa yang akan kalian buat. Tenang saja dan jangan diambil pusing, seiring berjalannya waktu kalian akan terbiasa dengan itu.

    Selain JAVA, Android Studio juga menyediakan Kotlin. Kotlin ini tentunya juga tidak beda jauh dengan JAVA, konsep nya sama dengan java, yaitu sama-sama OOP (Object Oriented Programming). Bedanya, Kotlin ini tidak mengenal NULL POINTER EXCEPTION seperti di java, dan masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang masih bisa kita bandingkan dengan java.

    Nah, kalau kalian sudah mengerti tentang basic nya pemrograman tersebut diatas, kalian selanjutnya pasti akan mengerti dengan sendirinya bagaimana pemrograman JAVA atau Kotlin. Dimana di dalam JAVA atau Kotlin ini bakal sering menjumpai apa itu class, object, method, dan yang terpenting adalah konsep OOP nya (Object Oriented Programming). Kalau kalian sudah menguasai hal-hal tersebut, silahkan lanjutkan kreatifitas kalian membuat aplikasi android dengan Android Studio. :)
    Saya rasa cukup itu pembahasannya dari saya kalau ingin belajar tentang Android Studio. Karena ilmu itu sangat luas, pelajari sedikit demi sedikit apa yang sudah kalian ketahui dan jangan pernah merasa puas dengan yang kalian ketahui sekarang ini. Karena jika kalian merasa puas, maka belajar mu akan terhenti. Silahkan tinggalkan komen di bawah untuk berbagi ilmu nya :)

No comments:

Post a Comment

Memahami LinearLayout di Android Programming

Assalamualaikum sobat debugging... Alhamdulillah akhirnya kita kembalimencoba mengexplore lagi tentang dunia Android Programming.. Kali...