Welcome to My Blog

Friday, January 18, 2019

Pelajari Hal-hal Berikut Untuk Membuat Aplikasi Android

Assalamualaikum...
Nah setelah kita mempelajari  tentang Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belajar Android dengan Android Studio, Selanjutnya lagi kita akan membahas sedikit demi sedikit tentang membuat aplikasi Android. Tapi sebelum membuat aplikasi Android dengan Android studio, sudahkah kalian mempelajari tentang bagian mana saja kah yang penting untuk meng-compile atau running aplikasi android? Yuk kita pelajari secara umum berikut ini...



  • Pelajari Logika Dasar
    Apa itu logika dasar? Bagi kalian yang sama sekali belum mengerti logika dasar dalam pemrograman, silahkan kalian pelajari terlebih dahulu apa itu logika dasar. Bisa saya gambarkan saja secara umum bagaimana sajakah logika dasar dalam pemrograman:
    1. Conditions (if and else, atau switch case)
    2. Looping (for, while, atau do while)
    3. Method atau Functions
    4. Variables
    5. Parameters.
    Logika dasar ini yang nantinya bakal selalu kalian gunakan dalam sistem kalian. Semuanya bergantung logika dasar kalian dalam mengolah aplikasi Android. Kita bahas secara detail bagaimana logika dasar tersebut  jika kalian klik satu persatu list diatas.      
    • Pelajari apa itu object dan class
    • Pelajari juga atribut (variable/properti), parameter, method(fungsi).
    • Perintah-perintah untuk mengirim event (listeners)
    • CRUD (create, read, update, delete) database (bisa pakai SQLite, MySQL)
  • Pelajari tentang Activity dan Lifecycle-nya
    Apa sih Activity itu? Kita pelajari dulu secara dalam bahasa Indonesia, activity artinya aktifitas. Aktifitas pastinya kalian tau artinya apa. Ya, aktifitas merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh manusia, bisa berupa urutan-urutan kerja, atau pun langkah-langkah suatu proses. Jadi, kalau disimpulkan, Activity merupakan salah satu bagian penting dalam aplikasi Android untuk membuat sistem atau proses dalam aplikasi yang akan kalian buat nanti.

    Nah di dalam activity, terdapat Lifecycle atau siklus hidup dari activity. Siklus hidup ini yang nantinya benar-benar akan kalian pakai dan harus kalian pahami betul-betul. Secara umum, siklus hidup dapat kita gambarkan seperti ini,
     
  • Pelajari Layout View 
    Apa itu layout view? Kalo segi bahasa sih bisa kita pahami tentang view atau tampilan. Tentunya ini sangat penting di android saat membuat aplikasi, terutama kalau sudah membahas UI/UIX. Tapi kalo bagian ini saya lebih menjelaskan tehniknya atau gimana sih cara mempelajarinya untuk membuat layout? Pertama, pelajari jenis-jenis layout di android, terutama cara menggunakan dan perbedaannya, berikut jenis-jenis layout yang bisa kalian pelajari sendiri

    1. LinearLayout
    2. RelativeLayout
    3. CoordinatorLayout
    4. FrameLayout
  • Pelajari File Resources Untuk membuat aplikasi android, anda pastinya akan sering menggunakan file resources ini. Nah file-file resource ini dapat berupa warna, gambar, style, String, animasi, termasuk layout view juga termasuk di dalam resource file ini. File resource ini berada di bawah direktori res/.Anda juga perlu belajar caranya memakai file-file resource ini melalu xml resource, atau melalui kode java di dalam class atau activity. Berikut letak dan jenis resource dalam android yang perlu di pelajari yaitu:
    1. Drawable (res/drawable/)
      Berisi gambar-gambar bisa berupa jpg, png, gif, atau xml yang di pakai di android berupa bitmap untuk di akses.
    2. Animation (res/anim/)
      resource ini merupakan properti untuk mengatur suati animasi dari gambar atau view seperti fade in, fade out, slide up, slide down, etc.
    3. Color (res/color/)
      Sudah jelas kalau Color tentunya untuk mengatur warna-warna dalam suatu view di android.
    4. Layout (res/layout/)
      Layout ini yang akan membuat UI untuk pengguna dalam bentuk xml file.
    5. Menu (res/menu/)
      Menu resource ini untuk menentukan opsi menu aplikasi.
    6. Raw (res/raw/)
      Raw berfungsi menyimpan file yang akan dipakai di aplikasi, bs berupa suara (mp3, wav, dll), atau file-file lain.
    7. Values (res/values/)
      File resource ini berisi untuk resource string, warna, style, atau angka-angka (integer) yg akan kita set secara statis.
    8. Xml (res/xml/)
      Kalau xml resource ini hampir sama dengan Layout resource, hanya saja xml ini nantinya dipakai untuk membuat setting di android, jd tiap item yang dibuat akan menyimpan value di aplikasi android (misal ON/OFF settings).

  • Pelajari tentang Gradle Gradle ini merupakan suatu tools Android build sistem yang berfungsi untuk meng-compile resource app, source code, dan package ke dalam APK (Android Package) yang juga bisa kalian gunakan untuk testing di emulator, device di smart phon, atau publish ke playstore.

    Intinya build gradle ini yang akan mengatur seluruh aktifitas atau proses building/compile aplikasi android kalian.

No comments:

Post a Comment

Memahami LinearLayout di Android Programming

Assalamualaikum sobat debugging... Alhamdulillah akhirnya kita kembalimencoba mengexplore lagi tentang dunia Android Programming.. Kali...